Friday 27 June 2014

Jamsostek Lama Tidak Bisa Di Cairkan

Pagi ini sengaja saya pergi ke kantor Jamsostek ketenagakerjaan dengan harapan bisa mencairkan dana yang sudah lama tersimpan di Jamsostek, karena memang yang saya mau cairkan adalah kepersertaan saya di tempat kerja sebelumnya. 
Tapi..apa yang terjadi ternyata ketika saya sampai di depan pintu sudah ada bagian pendataan awal untuk menyiapkan berkas, dan bertanya "ada yang bisa saya bantu mas " saya menjawab "iya mas saya mau mencairkan dana jamsostek, kalau mencairkan 2 boleh ga" dan di jawab "boleh..,tapi simasnya sekarang masih bekerja atau tidak" saya jawab "Masih" dan bertanya lagi "punya jamsostek di tempat kerja baru" saya jawab "punya" dan petugas menjelaskan "kalau masih ikut kepesertaan jamsostek tidak bisa mencairkan dana jamsostek yang lama, itu ketentuan dari pemerintah, jakarta sudah dari awal tahun kalo di sini (tangerang) baru mulai dibulan mei" saya berpikir sejenak sambil berkata "ooh gitu" walaupun dalam hati bertanya tanya, alasannya apa yaa, itukan hak kita, dan sudah beda perusahaan juga.
tak lama petugas tersebut menawarkan kembali"kalau mau lebih jelas tanya didalam saja" saya bilang "iya saya tanya lagi deh biar lebih jelas". diambilkan nya saya no antrian yang waktu itu tertera diantrian no 15.
setelah menunggu sampai nomor antrian saya dipanggil, tibalah saatnya nomor antrian saya dipanggil.
petugas informasi: "ada yang bisa saya bantu pak"
saya : "iya mbak saya mau menanyakan soal jamsostek, sekarang sudah tidak bisa dicairkan"
petugas informasi;"iya pak sekarang sudah tidak bisa dicairkan kalau kita masih terdaftar sebagai peserta jamsostek"
saya : "inikan beda perusahaan mbak"\
petugas informasi : " iya pak ini sudah ketentuan pemerintah, kalo kita cairkan namanya pelanggaran "
saya: " gini mbak kalo suatu saat saya ga ikut jadi peserta jamsostek lagi bagaimana saya mencairkan jamsostek saya"
Petugas informasi: "ada 2 opsi pertama gabungkan semua nomor kepesertaan jamsostek dan kedua berkas yang lama disimpan dan suatu saat sudah tidak bekerja atau sudah tidak ikut kepesertaan baru bisa dicarikan"
saya: "terus kalo memang sudah online punya saya automatis masuk dong ke kartu jamsostek saya yang baru"
petugas informasi : " engga juga kita harus melampirkan berkas berkas yang lama"
berpikir sejenak "ribet juga yaa"
saya : "ok mbak terimakasih yaa...."
yaa dengan rasa yang gimana gitu, akhirnya saya meninggalkan kantor tersebut dan tidak mendapatkan hasil.
tapi tetep sieh bertanya tanya kok gitu sieh ....


ya kali aja info ini berguna buat yang lain ...cukup saya aja yang cape hehehehehe karena saya juga baru tahu setelah saya datang .

No comments: