Monday 31 August 2015

BPJS Kesehatan Curhat

Pengalaman ini baru terjadi semalam,
Sebelum semalam....
ibu saya menderita penyakit diabetes yang sudah cukup lama jadi kadang suka naik gula darahnya
hari rabu gula darah ibu saya tinggi dan saya bawa ke klinik yang dekat dengan rumah saya
setelah di periksa dan di di berikan nasehat dan juga obat kami pulang dengan masih membawa rasa sakit, tapi yaa saya percaya pada beliau karena beliau adalah dokter.
sakit yang saat ini di derita ibu saya adalah sakit pada bagian kedua kakinya jadi sakit jika dipakai berjalan,bahkan hanya untuk berdiri,  sampai membuat pening ke kepala dan akhirnya ke badan juga menjadi lemas.Setelah kami tunggu beberapa hari ternyata rasa sakitnya belum kunjung berubah, akhirnya kami putuskan untuk membawa ke rumah sakit menggunakan BPJS kesehatan yang di buat secara mandiri, karena ingin mengikuti alur yang di terapkan oleh BPJS kami menuju puskesmas untuk pemeriksaan awal, hari minggu jam delapan an karena puskesmas kami 24 jam, tapi setelah sampai dipuskesmas saya langsung mendatangi petugas, ternyata menurut petugas puskesmas tersebut tidak bisa memeriksa ibu saya , yang sebelumnya sudah minta hasil diagnosa dari dokter yang pernah memeriksa ibu saya. Akhirnya petugas tersebut menyarankan untuk di bawa ke rumah sakit yang lebih besar, karena saya ingin memakai BPJS maka saya minta rujukan pada petugas puskesmas tersebut agar proses administrasi bisa lancar, tapi jawaban petugas tersebut adalah , "langsung di bawa saja ke ruang UGD dari sini tidak bisa mengeluarkan rujukan untuk BPJS karena ini hari minggu dan malam pula, BPJS nya gak online kalo malam,",  dengan berlaga mengerti aku bilang sama petugas itu " oo gitu ya mba kalo malam gak online yaa" dengan pertanyaan dalam hati "loh kenapa ga bisa online, emang server BPJS di matiin kah kalo malem" tapi ya sudah lah sayamah yang penting ibu saya bisa di tangani, katanya pula surat rujukan baru bisa di berikan hari kerja, saya pun minta secarik surat dari puskesmas, tapi menurut petugas tidak usah dan  akhirnya aku pergi kesalah satu rumah sakit yang dekat dengan puskesmas tersebut, Allhamdulillah petugas rumah sakit tersebut ramah menyambut saya yang terlebih dulu datang sebelum ibu saya karena memang sebelumnya saya ingin menanyakan dulu pada RS terbut agar tidak balik lagi, dan kata petugas RS tersebut silahkan langsung di bawea ke UGD saja, ok saya bilang maksih yaa mba, saya pun kembali ke puskesmas karena saya pikir telpon dan nyamperin kembali juga waktunya sama saja, ok saya bilang pada saudara2 saya dan akhirnya mobil pun melaju ke RS yang cuma berjarak tidak lebih dari 100 meter.
Sesampainya di UGD mobil di parkir di depan pintu UGD saya pun masuk dengan nada bingung, karena saya pikir kok ga di tanya atau gak disambut hehehe, akhirnya saya bilang bu ..saya bawa orang mau di periksa, jawab petugas RS di bawa kesini aja, padahal dalam hati saya pengennya bawa kursi roda atau apa untuk membawa ibu saya, akhir  saya bilang ibu saya susah untuk berjalan ada kursi roda, barulah petugas menambil kursi roda yang memang sudah tersedia,
di bawalah ibu saya ke ruang UGD dan saya di minta untuk urus pendaftaran,saya menuju ke pendaftaran dan sebelumnya si petugas memberi tahu saya bahwa, jika ibu saya di rawat maka semua di tanggung BPJS dan jika tidak dirawat maka menggunakan biaya sendiri, di sodorkan lah surat perjanjian tersebut diatas, setelah di tandatangi saya mendengar petugas pndaftaran terbut menghubungi ruang UGD dan menanyakan nama pasien yang saya tuliskan dalam perjanjian,
ok selesai dan saya pun di minta untuk kembali ke ruang UGD.
Ibu saya pun diperiksa darah dan  lain lain oleh dokter yang bertugas sepertinya,
saya datang ke RS sekitar jam 21  nan dan menunggu sampai jam 1 dini hari di UGD karena dengan alasan menunggu hasil dan sedang menyiapkan ruangan untuk ibu saya. sekitar jam 1 dini hari lewat ibu saya mendapatkan kamar, tapi sebelumnya saya di minta untuk melunasi administrasi katanya, o gitu, ok kemana ke kasir mas, o ok, saya berangkat kekasir dan ternyata saya harus membayar untuk biaya ugd sebesar Rp 195.000-  setelah di bayar barulah ibu saya di bawa ke ruang perawatan .
Allhamdulillah sekarang sudah di rawat dan semoga cepat sembuh, aammmiiinn
ok itu adalah sepenggal kisah tentang BPJS jika ada yang merasa sama atau lebih sulit atau mungkin lebih mudah boleh untuk share disini
thanks semoga membantu.


No comments: